Ikan nila merupakan jenis ikan yang populer di kalangan pembudidaya ikan karena mudah untuk diternak. Nila termasuk jenis hewan omnivora (pemakan segala bahan) sehingga pemberian pakan pun bisa dari berbagai bahan. Namun, untuk membuat ikan nila tumbuh dengan cepat dan gemuk, nutrisi yang terkandung dalam pakannya harus sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, ketika pakannya bernutrisi maka berdampak positif pada pertumbuhannya dan profit yang maksimal.

Lalu, apa saja jenis pakan ikan nila agar pertumbuhannya cepat dan menghasilkan profit yang maksimal? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah!

Kadar Nutrisi Pada Pakan Ikan Nila

Sebelum membahas jenis pakan ikan nila lebih lanjut, kamu perlu mengetahui informasi kandungan nutrisi apa saja yang diperlukan ikan nila. Berikut adalah kandungan nutrisi yang perlu ada di dalam pakan ikan nila.

1. Protein

Kadar protein yang ikan nila butuhkan adalah sekitar 28-50%. Rendah atau tingginya jumlah protein yang ada dalam pakan ikan, bergantung pada ada atau tidaknya pakan alami di kolam. Apabila terdapat pakan alami seperti plankton di kolam, maka dapat mengurangi persentase kadar protein dalam pakan.

2. Karbohidrat

Komponen sumber energi utama yang perlu dalam pakan ikan nila adalah karbohidrat. Pakan ikan nila yang mengandung karbohidrat harganya murah. Salah satu pakan ikan nila dengan kandungan karbohidrat tinggi adalah dedak dan sisa nasi. Biasanya, jumlah karbohidrat pada pakannya adalah 10-20%.

3. Lemak

Senyawa lemak memiliki kandungan karbon, hidrogen, dan oksigen, di antaranya juga ada yang mengandung nitrogen serta fosfor. Fungsi senyawa ini adalah untuk membentuk jaringan pada ikan nila. Lemak juga membantu proses penyerapan mineral dan vitamin tertentu yang larut dalam lemak. Selain itu, dengan presentasi 6-8%, lemak bisa disimpan sebagai cadangan energi.

4. Vitamin

Senyawa esensial yang perlu dalam pakan ikan nila adalah vitamin. Vitamin berperan penting saat masa pertumbuhan dengan kadar 0,5-10%. Jenis vitamin dapat dibagi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin C dan B) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin K, E, D, dan A).

5. Mineral

Kadar mineral dalam pakan ikan nila hanya membutuhkan sedikit, yaitu dengan persentase 0,25-0,5%. Peran senyawa ini adalah untuk menjaga kelangsungan hidup ikan nila. Hal tersebut karena beberapa proses yang berlangsung dalam tubuh ikan nila membutuhkan mineral.

Jenis Pakan Ikan Nila

Pakan ikan nila terbagi menjadi dua jenis, yaitu pakan organik dan pakan anorganik. Berikut adalah penjelasan singkat perbedaan dari kedua jenis.

1. Pakan Organik

    Pakan organik merupakan pakan yang bahan-bahannya alami tanpa menggunakan campuran kimia di dalamnya. Jenis ini harganya lebih terjangkau akan tetapi jika ikan mengonsumsinya, maka pertumbuhan ikan jadi lambat. 

    Kamu dapat membuat pakan organik sendiri dengan mengombinasi bahan-bahan bergizi yang penting bagi ikan nila. Cek artikel Cara Membuat Pelet Ikan Sendiri: Mudah, Efisien, dan Menguntungkan untuk mengetahui langkah-langkahnya!

    Sebelum mempraktikannya, ketahui bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai campuran pakan organik, yuk!

    • Ampas Kelapa: Pencampuran ampas kelapa biasanya dengan nasi atau dedak. Fungsinya adalah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.
    • Dedak: Bahan ini mengandung 18% protein, 66% karbohidrat, dan 7% lemak. Teksturnya halus sehingga cocok bagi ikan nila yang berukuran kecil. Kekurangan dari dedak adalah punya senyawa fitat yang berdampak negatif karena dapat mengikat protein dan mineral sehingga penyerapan tidak maksimal.
    • Kangkung: Protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, lemak, vitamin A dan C, dan fosfor terdapat dalam kangkung. Kandungan tersebut baik bagi ikan nila. Namun, telur lintah yang terkadang hinggap di kangkung dapat menyebabkan anemia pada ikan nila.
    • Plankton dan Fitoplankton: Kedua bahan ini kaya akan serat sehingga dapat menyehatkan pencernaan ikan nila. Kadar proteinnya juga tinggi, yaitu berkisar 21-37% yang dapat menyongkong pertumbuhan ikan.
    • Sisa Nasi: Bahan ini biasa dicampur dengan dedak, sisa sayuran, dan ampas kelapa. Fungsinya untuk mempercepat pertumbuhan dan menambah bobot ikan.
    • Kutu Air: Kandungan protein kompleks di dalamnya, dapat menaikkan bobot ikan nila. Jika ikan nila mengonsumsi secara rutin, maka akan membuatnya lebih sehat dan gemuk.

    2. Pakan Anorganik

    Pakan anorganik merupakan pakan buatan pabrik yang nutrisinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan ikan oleh ahli pakan. Jenis ini lebih menunjang pertumbuhan ikan karena kandungan di dalamnya yang lebih lengkap. Selain itu, pakan jenis ini juga lebih praktis penggunaannya.

    Salah satu jenis pakan anorganik adalah pelet. Pelet menjadi rekomendasi pertama ketika akan membudidayakan ikan nila. Ukuran dan variasinya sangat beragam sehingga tidak perlu repot lagi untuk meraciknya. Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli pelet adalah kondisinya. Pelet yang bagus tidak akan hancur setelah disebarkan ke air selama 10 menit dan aman saat disimpan selama 2 bulan. 

    Pelet yang berkualitas tentu saja memiliki harga yang lebih mahal. Namun, kandungan nutrisinya lebih lengkap dan dapat mempercepat tumbuh kembang ikan..

    Tips Pemberian Pakan Ikan Nila

    Cara pemberian pakan pada ikan nila yang tepat memiliki tips agar dosisnya cukup dan tidak berlebihan. Ikan nila dalam satu hari, bisa diberikan makan sebanyak 3 kali pada pagi, siang, dan sore hari. Jumlah pakannya sebanyak 3-4% dari bobot ikan. Penambahan asupan vitamin C, probiotik, antijamur, dan antibakteri juga penting untuk meningkatkan vitalitas ikan serta memperkuat daya tahan tubuh ikan nila.

    Percepat Penggemukan Ikan Nila dengan Pelet

    Setelah mengetahui kebutuhan nutrisi ikan nila, jenis pakan ikan nila, dan tips pemberian pakannya, pelet menjadi pilihan pakan yang cocok. Para pembudidaya juga bisa membuat pelet sendiri apabila ingin menyesuaikan dengan kebutuhan budidaya ikan nilanya. Zvezda menyediakan mesin pelet apung yang melakukan proses pemasakan pelet dengan optimal. Selain itu, pelet yang dihasilkan memiliki FCR lebih baik untuk meningkatkan kecernaan ikan nila. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi zvezda.id untuk detail produknya!