Louhan masih menjadi salah satu ikan air tawar yang banyak digemari pecinta ikan hias. Bentuk tubuh unik terutama di bagian kepalanya membuat ikan louhan memiliki daya tarik khusus. 

Walaupun termasuk jenis predator, ikan dengan nama lain Flowerhorn ini banyak dipelihara para kolektor ikan karena mengincar keindahannya. 

Banyak jenis louhan menawan mudah ditemukan di Indonesia, sehingga membuat ikan ini kerap diperlombakan. Adapun penilaian dalam kontes ikan louhan meliputi fisik, mental, hingga kelincahan. 

Rekomendasi Pakan Louhan

Pemberian pakan dengan nutrisi cukup merupakan kebutuhan mendasar dalam memelihara ikan louhan. Pakan yang baik akan merangsang pertumbuhan fisik dan mental louhan menjadi maksimal.  

Bahkan pemberian pakan terbaik dapat membantu ikan louhan tumbuh maksimal sehingga berpotensi memenuhi kriteria kontes.

Berikut kami sajikan pakan ikan louhan mulai dari alami hingga pelet jadi beserta keunggulan yang dapat dipertimbangkan.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong merupakan larva dari kumbang petarung yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan louhan. kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan ikan. 

Selain dapat dijadikan sumber nutrisi berupa protein dan lemak, ulat hongkong dapat memperkuat ketahanan tubuh ikan louhan sekaligus mempercantik fisik terutama pada sirip dan warna tubuhnya. 

Hal ini karena ulat hongkong memiliki kandungan protein dan serat yang cukup untuk ikan louhan, sehingga dapat menyokong pertumbuhan dan pencernaan pakan dalam tubuh dengan baik. 

Cacing

Cacing menjadi salah satu hewan andalan yang digunakan untuk pakan ternak, termasuk ikan louhan. Hal ini dikarenakan cacing paling mudah didapatkan di pasaran.

Jenis yang digunakan untuk pakan louhan adalah cacing sutra, merah, hingga beku. Namun penggunaan cacing bergantung pada respon ikan louhan apakah cocok atau tidak. 

Cacing memberikan manfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik dan kekebalan tubuh ikan louhan. Selain itu, pemberian cacing dapat perlahan meregenerasi kondisi kulit ikan louhan. 

Udang

Udang merupakan salah satu pakan yang memiliki manfaat lebih kompleks untuk ikan louhan. Selain menjadi sumber protein yang kaya, udang dapat menjaga jaringan tubuh dan kesehatan organ. 

Uniknya, udang mengandung karotenoid hingga astaxathin yang dapat memaksimalkan warna tubuh louhan terutama kuning dan merah. 

Sebagaimana kita ketahui ikan louhan merupakan golongan predator, memberikan udang hidup juga dapat merangsang mental dan insting berburu louhan.

Jangkrik

Selain udang, jangkrik juga menjadi pakan hidup yang dapat diberikan untuk ikan louhan. Namun, kita membutuhkan kecermatan dalam memilih agar tidak mendapatkan jangkrik mengandung pestisida.

Masih sama seperti udang, jangkrik mengandung banyak protein sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan lohan, terutama untuk sistem kekebalan tubuh. 

Kendati demikian, pemberian jangkrik pada louhan perlu dibatasi maksimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan terlalu banyak memberi jangkrik dapat mengubah warna tubuh louhan menjadi gelap.

Ikan

Ikan menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk louhan dengan kandungan protein tinggi. Perbedaan paling signifikan dari pakan lain adalah kandungan omega-3 pada ikan.

Asam lemak pada ikan ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu dapat merangsang perkembangan otak, syaraf pada ikan, hingga yang tak kalah penting menjaga kualitas warna louhan. 

Omega-3 paling baik dapat dijumpai pada salmon. Kita dapat memberikan salmon pada louhan atau dengan memberinya ekstrak omega-3 yang dijual di pasaran. 

Pelet

Pelet adalah pakan andalan bagi para peternak. Hal ini dikarenakan banyak pelet yang dijual di pasaran sudah mengandung nutrisi lengkap untuk hewan, termasuk dalam pelet louhan. 

Banyak sekali pilihan pelet ikan louhan yang dijual di pasaran dengan kandungan nutrisi lengkap mulai dari mineral, vitamin, lemak dan protein. 

Beberapa jenis pelet louhan yang dapat ditemukan antara lain tetra, akari, JE, okiko platinum, hingga Hikari. Harganya pun beragam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. 

Harga pelet jadi yang lumayan mahal tentu menjadi pertimbangan sulit untuk para peternak ikan louhan karena dapat menguras pengeluaran.

Untuk itu, pelaku budidaya dapat membuat pelet secara mandiri untuk ikan louhan dengan memanfaatkan bahan alami. 

Zvezda menghadirkan teknologi modern berupa Mesin pelet ikan apung yang dapat mempermudah pembuatan pakan louhan secara efisien.

Kami menawarkan mesin produksi pakan dengan kondisi dan kualitas terbaik yang berkapasitas hingga 1 ton/jam. Segera cek ketersediaan produk Zvezda Industries dan dapatkan layanan konsultasi formula secara gratis!