Pelet kayu menjadi sumber energi baru yang memiliki potensi besar. Terlebih, pelet kayu sekarang dapat menggantikan bahan bakar dari fosil. Namun, untuk merintis usaha pelet kayu, tentunya perlu berbagai informasi mengenai pelet kayu dari peluang hingga tantangannya.

Sebelum menggali lebih jauh, perlu diketahui bahwa pelet kayu merupakan salah satu bahan alternatif yang berbahan baku dari serbuk kayu. Dari proses pengeringan hingga pencetakan, pelet kayu memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi lingkungan. Pelet kayu yang memiliki kadar ligan tinggi, membuatnya memiliki berbagai kelebihan.

Kelebihan Pelet Kayu

Pelet kayu dapat digunakan untuk kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari karena beberapa kelebihannya sebagai berikut.

Hemat Biaya

Jika dibandingkan dengan penggunaan gas seperti LPG, pelet kayu cenderung lebih murah karena bahan baku yang digunakan untuk membuat pelet kayu mudah didapatkan. Selain itu, pelet kayu dapat membantu pemanfaatan sisa limbah hutan.

Tergolong Aman dan Nyaman

Pelet kayu memiliki resiko meledak yang kecil sehingga aman penggunaannya. Hal tersebut dikarenakan pelet kayu menghasilkan panas yang konsisten dan dapat dikontrol.

Jenis-Jenis Bahan Pelet Kayu

Lahan di Indonesia sendiri memiliki banyak hutan yang luas dengan sumber daya alam yang melimpah. Jadi, untuk menemukan bahan baku pembuatan pelet kayu mudah didapatkan. Sesudah mengetahui kelebihan pelet kayu, mari simak beberapa jenis kayu yang dapat dijadikan bahan baku pelet kayu.

Kayu Kaliandra

Kayu kaliandra termasuk jenis tanaman multifungsi yang unsur haranya kecil. Jenis ini dapat menjadi bahan baku pembuatan pelet kayu karena mengandung panas yang mencapai 4800 kkal. Kandungan panas yang demikian dapat menggantikan batubara sebagai bahan bakar untuk kebutuhan industri, pertanian, hingga rumah tangga.

Kayu Karet

Kayu karet kerap dimanfaatkan oleh masyarakat di sini untuk pembuatan furniture dan peralatan rumah tangga. Ternyata, kayu karet dapat menjadi bahan baku pelet kayu dengan menggunakan mesin pencetak pelet biomassa merek dedaur dengan kualitas terbaik.

Kayu Mahoni

Kayu mahoni memiliki karakteristik, yaitu berwarna merah muda pucat dan serat yang halus. Karakteristik tersebut bisa mengurangi polusi dan daunnya dapat menyerap udara yang tercemar. Hal tersebut juga menjadi alasan kayu jenis ini cocok menjadi bahan baku pelet kayu. Selain itu, kayu ini juga mudah dipotong.

Kayu Jati

Sudah tidak asing rasanya mendengar kayu jati menjadi bahan baku pembuatan furniture. Harganya yang mahal dikarenakan sifatnya yang multifungsi. Kayu jenis ini bisa bermanfaat sebagai energi alternatif yang baru serta ramah lingkungan.

Harga Pelet Kayu

Setelah mengetahui jenis kayu apa saja yang dapat menjadi bahan baku pelet kayu, para perintis usaha pelet kayu perlu mengetahui harga pelet kayu.

Banyak informasi yang beredar mengenai harga pelet kayu. Harganya tentu bermacam-macam, mulai dari yang dijual dari 1 kg hingga 1 ton. Untuk harga per kilogramnya berada di antara Rp3.000,00 sampai Rp4.000,00 tergantung tempat dan kualitasnya.

Ada banyak marketplace online yang dapat Anda kunjungi. Marketplace online tersebut memberikan harga yang beragam. Anda juga bisa mengunjungi website resmi badan usaha produksi kayu pelet itu sendiri.

Harga di pabrik pelet kayu dalam negeri bisa berubah-ubah sesuai dengan penawaran dan permintaan. Berikut adalah gambaran harga umum pelet kayu dalam negeri dari pabriknya.

  •  Jakarta sekitar Rp1.700,00/kg
  • Banten sekitar Rp1.600,00/kg
  • Jawa Barat sekitar Rp1.600,00/kg
  • Jawa Tengah sekitar Rp1.600,00/kg
  • Jawa Timur sekitar Rp1.550,00/kg

Peluang Usaha Pelet Kayu

Peluang untuk mengembangkan usaha pelet kayu cukup baik. Kelebihan pelet kayu yang nyaman dan aman digunakan akan memicu masyarakat untuk beralih menggunakan pelet kayu. Selain itu, jika dilihat dari harga pelet kayu per kilogram ataupun ton, pelet kayu akan mulai banyak diproduksi di Indonesia karena kemungkinan dapat memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Peluang usaha pelet kayu masih terbuka lebar. Negara-negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan, mendukung adanya tren energi yang terbarukan di bidang industri. Hal tersebut dapat menjadi pemantik bagi para pengusaha yang tertarik dengan usaha pelet kayu.

Indonesia dapat dengan mudah menemukan bahan baku untuk pembuatan pelet kayu karena memiliki iklim tropis. Maka tidak heran apabila Indonesia punya peluang usaha untung besar dengan mengolah limbah kayu menjadi pelet kayu dengan mesin pellet biomassa.

Potensi Ekspor Pelet Kayu Indonesia

Bahan baku pembuatan pelet kayu adalah limbah kayu yang meliputi serpihan kayu, serutan kayu, dan serbuk kayu. Bahan-bahan tersebut dengan mudah didapatkan dari produk hasil hutan dan industri furniture.

Di Asia Tenggara, pemasok terbesar pelet kayu adalah Vietnam. Meskipun demikian, mudahnya untuk mencari bahan baku pelet kayu di Indonesia, menjadikannya memiliki potensi besar.

Sumber Daya Melimpah

Melimpahnya sumber daya alam Indonesia yang tersebar di berbagai daerah menjadi peluang yang besar. Apalagi bahan baku pelet kayu yang bisa didapatkan dari berbagai limbah hutan.

Sertifikasi dan Keberlangsungan Bahan Baku

Pemerintah memberikan dukungan yang cukup untuk memudahkan sertifikasi legalitas kayu. Begitu pula dengan adanya program perhutanan sosial yang memberi harapan produknya bisa diterima di pasar Eropa.

Harga Jual

Harga jual pelet kayu di Indonesia relatif lebih murah daripada negara pesaing, seperti Vietnam. Meskipun begitu, potensinya tetap besar karena harganya yang murah.

Tantangan Ekspor Pelet Kayu Indonesia

Dalam melakukan ekspor, Indonesia memiliki dua tantangan yang perlu menjadi perhatian.

Kualitas Produk

Untuk menjadi kualitas produk, produksi pelet kayu Indonesia memerlukan bahan yang berkualitas. Pemilihan bahan perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk penjaminan mutu demi hasil produk terbaik.

Jarak Pengiriman

Jauhnya jarak negara-negara pengimpor dapat menjadi penghalang ekspor pelet kayu. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan menjalin kerja sama penanaman modal di bidang ini.

Zvezda industries menawarkan mesin pembuat pelet biomassa berkualitas dunia. Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut dapat kunjungi website zvezda.id.