Pelet masih menjadi pakan utama dalam budidaya karena dianggap efisien dalam memenuhi nutrisi ikan. Selain itu, pelet termasuk jenis pakan yang mampu bertahan lama sehingga memudahkan peternak mengelola pakan . Dalam keadaan kering pelet bisa bertahan 90-100 hari akan tetapi jika dalam keadaan lembab maka daya tahan kurang lebih 1-2 minggu saja.

Dalam budidaya ikan, pakan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pertumbuhan ikan maupun budidaya. Ketika ikan mengonsumsi cukup pakan maka akan menjadikan ikan gemuk, hal tersebut akan mengoptimalkan bobot ketika panen. Akan tetapi jika pakan tidak terpenuhi dengan baik, bisa mengakibatkan kematian hingga gagal panen

Jenis – Jenis Pelet Ikan

Pelet ikan memiliki jenis yang beragam, setiap jenis mempunyai manfaat dan keunggulan masing masing, yuk pahami jenis jenisnya dan sesuaikan dengan ikan yang kamu budidaya

Pelet Tenggelam

Pelet tenggelam biasanya digunakan di kolam tanah karena jenis pelet ini akan tenggelam hingga ke dasar. Pelet ini banyak digunakan bagi peternak yang ingin efektif memberi pakan kepada ikan yang aktif di lapisan air dalam, seperti ikan bawal, salmon dan trout. 

Pelet Terapung

Pelet terapung banyak digunakan peternak lokal skala kecil hingga menengah. Pelet ini tidak akan tenggelam ke dasar laut sehingga bisa digunakan peternak mengamati perilaku makan ikan secara baik. Pelet ini banyak digunakan untuk ikan yang aktif datang ke permukaan seperti ikan mas,ikan koi, dan ikan tilapia

Pelet Mengapung Tenggelam

Jenis pelet ini adalah kombinasi dari pelet tenggelam dan terapung. Ketika pelet disebar di kolam, jenis ini akan terapung, setelah beberapa saat, pelet akan tenggelam. Pelet ini bisa digunakan untuk monitoring ikan sekaligus menjadikan makan efisien terutama untuk ikan yang aktivitasnya bervariasi seperti ikan lele.

Pelet Cair

Pelet ini merupakan inovasi untuk membantu ikan mendapatkan nutrisi dalam bentuk cairan. Biasanya pelet ini diberikan melalui sistem pemberian pakan otomatis. Ada pula jenis pelet yang ditetes ke pelet kering. Biasanya jenis pelet ini diberikan pada ikan dalam tahap pembenihan

Pelet Organik

Pelet organik salah satu pelet yang memiliki nutrisi yang cukup tinggi karena tidak mengandung bahan kimia atau pengawet. Meskipun cenderung mahal. pelet ini banyak dicari oleh peternak yang menginginkan kualitas daging dan ekosistem akuakultur.

Melihat hal tersebut banyak pabrik atau pengusaha pelet yang beralih membuat pelet dengan formulasi sendiri. Pembuatan pelet untuk industri pastinya menggunakan mesin pelet kapasitas besar.

Tips Memberi Pakan Ikan

Setelah mengenal jenis jenis pelet ikan, pahami juga kapan waktu terbaik memberik pakan ikan agar pakan efektif.

Waktu Pemberian Pakan

Ketika pada masa awal pertumbuhan hingga remaja, sebaiknya ikan diberikan pakan 2-3 kali, yaitu waktu pagi, siang, dan sore. Ketika ikan dewasa pemberian pakan dilakukan 2 kali dalam sehari menyesuaikan jenis ikan. Seperti ikan lele yang aktif di malam hari, maka pemberian pakan disarankan pada waktu siang dan juga malam.

Dosis Pemberian Pakan

Pemberian pelet biasanya disesuaikan dengan bobot dan jumlah ikan dalam satu kolam. Biasanya pelet diberikan sebanyak 3-5% 3-5% dari total bobot ikan di kolam. Artinya, jika bobot ikan di kolam adalah 100 kg, maka pakan yang harus diberikan kisaran 3-5 kg/hari.

Beli Pelet yang berkualitas

Pelet yang memiliki kualitas tinggi akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan. Pelet yang memiliki formulasi sesuai dengan kebutuhan nutrisi akan berpengaruh baik kepada perkembangan ikan.

Biasanya pelet berkualitas bisa dilihat dari produsen pelet ikan. Sebagai produsen formulasi pelet sangat penting karena menjadi faktor yang berpengaruh bagi customer. Dengan mesin berkualitas, pembuatan pelet skala besar dan juga formulasi yang sesuai kebutuhan bisa dibuat.

Zvezda Industries adalah produsen dan distributor set mesin pelet terlengkap di Indonesia. Dengan kapasitas mesin hingga 1 Ton/Jam, kami siap menjadi garda terdepan dalam membangun pabrik pelet berkualitas dunia. Kami juga memberikan pendampingan dan juga formulasi pelet secara gratis.