Ikan louhan merupakan salah satu spesies ikan hias yang dapat menjadi bisnis budidaya menguntungkan. Harga pasaran ikan ini beraneka ragam, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Ikan dengan nama lain Flowerhorn cichlid ini banyak digemari pecinta ikan hias lantaran memiliki ciri khusus, yaitu kepala menonjol dengan corak badannya yang unik dan beragam. 

Di balik keunikannya, louhan tak bisa dipelihara dengan sembarang. Salah satunya karena ikan ini termasuk jenis predator, sehingga tak boleh bercampur dengan ikan lain.

Menariknya, perawatan yang maksimal membuat ikan louhan dapat tumbuh semakin menawan dengan warna kontras dan tubuh yang lincah, sehingga berpotensi meningkatkan harga jual.

Jenis Ikan Louhan

Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan louhan, ada baiknya kita mengenal lebih dulu jenis dan harga perkiraannya agar tak salah memilih. 

Berikut ini kami sajikan jenis ikan louhan dengan harga jual murah hingga mahal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. 

Kamfa

Jenis ikan lohan kamfa atau golden flower sekilas mirip seperti bunga, memiliki warna yang kalem dan elegan dengan bintik hitam yang menyebar rapi horizontal. 

Ikan Asia Tenggara ini dapat dipertimbangkan untuk koleksi atau budidaya ikan louhan. Harga jual kamfa berkisar antara 2 sampai 3 juta rupiah.

Golden Red

Ikan dari Thailand ini memiliki ciri khusus berupa warna dominan merah dan keemasan seperti namanya. Uniknya, louhan termahal ini hanya memunculkan warna khasnya ketika dewasa dan berganti sisik.

Ikan ini merupakan jenis yang langka, tak heran jika harga jual Golden Red beraneka ragam, dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. 

Super Red Dragon (SRD)

SRD merupakan ikan Asia Tenggara dengan ciri khas tonjolan kepala paling besar di antara yang lain. Warna tubuh ikan ini dominan merah dengan ekor dan sirip bergradasi hitam keabu-abuan.

Ikan ini sangat terkenal di kalangan para pecinta louhan, sehingga berpotensi besar untuk budidaya. Biasanya harga jual SRD mencapai 1,5 juta rupiah. 

Bonsai

Jenis louhan ini memiliki tubuh kerdil walaupun di usia dewasa, tak heran jika disebut bonsai. Warnanya beraneka ragam, mulai dari hijau, kuning, putih, hingga silver. 

Tubuhnya yang kecil membuat bonsai tampak menarik untuk koleksi di rumah. Masuk ke dalam ikan lokal membuatnya mudah ditemukan. 

Harga jual louhan bonsai mulai dari ratusan ribu hingga 1 juta rupiah.  

Golden Base

Louhan jenis ini sangat mudah dikenali, memiliki warna merah dengan bintik emas yang tersebar di sekujur badannya. Berbeda dari louhan lain, jenis ini tidak memiliki corak hitam sedikit pun. 

Sifat ikan ini cenderung agresif, keunikannya terletak pada ekor yang mengembang jika bermental baik. Harga jual golden base bisa mencapai lebih dari 1 juta rupiah. 

Cencu

Louhan cencu memiliki tipe klasik dan modern. Tipe klasik sekilas mirip dengan golden base, namun berbintik putih seperti mutiara. Sedangkan tipe modern berukuran lebih besar dengan bintik mutiara lebih banyak. 

Cencu menjadi salah satu louhan yang banyak digemari para pecinta ikan hias. Harga louhan ini bisa mencapai 2 juta rupiah untuk usia dewasa. 

Cara Pemeliharaan Ikan Louhan

Setelah memilih jenis mana yang cocok untuk dipelihara, sebaiknya kita juga menguasai ilmu tentang cara pemeliharaan ikan louhan. 

Terlebih jika memelihara ikan louhan untuk budidaya, pemeliharaan menjadi hal penting untuk diperhatikan agar ikan louhan dapat hidup nyaman dan tumbuh dengan baik. 

Perawatan yang tepat akan membuat ikan louhan tumbuh menawan, mulai dari warna, mental, hingga kelincahan. Berikut cara pemeliharaan ikan louhan yang perlu diperhatikan: 

Lingkungan

Ikan louhan membutuhkan ruangan yang cukup untuk bergerak bebas, paling tidak menempatkannya di akuarium berukuran 90 x 40 x 60 cm yang dilengkapi filter air.

Selain menambah filter air, akuarium louhan perlu dibersihkan 2 minggu sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Perlu memastikan pH air antara 7 atau 8 dengan suhu 29 atau 30 derajat celsius agar louhan merasa nyaman. 

Untuk melatih mental louhan dengan tepat, perlu menempatkan akuarium di tempat yang damai dengan tetap berinteraksi secara rutin. 

Pakan

Hal yang tak kalah penting adalah ikan louhan perlu diberi makan dengan jumlah tepat, tidak lebih dan tidak kurang dengan memberinya makan sedikit demi sedikit secara berkala. 

Penting untuk memberikan formula pakan dengan nutrisi yang cukup untuk ikan louhan. Terutama jika melakukan budidaya, pembuatan pakan secara mandiri menjadi pilihan tepat yang bisa dipertimbangkan. 

Mesin pelet ikan apung dapat bekerja secara efisien dengan kondisi dan kualitas terbaik, sehingga dapat membantu dalam pembuatan pakan ikan louhan. 

Zvezda Industries menawarkan mesin pelet terlengkap di Indonesia berkapasitas hingga 1 Ton/Jam. Segera cek persediaan produk dan dapatkan pendampingan atau konsultasi formula secara gratis.