Hewan ruminansia menjadi salah satu komoditas ternak yang banyak ditemukan di Indonesia. Hewan ruminansia sangat berperan dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan protein. 

Tak heran jika ternak ruminansia memiliki potensi unggul dalam hal produksi, bahkan dapat menghasilkan keuntungan berkelanjutan.Kendati demikian, banyak yang belum mengetahui yang dimaksud dengan hewan ruminansia. Yuk, cari tahu dulu pengertian, ciri-ciri, jenis hingga tips budidayanya!

Apa Itu Ruminansia

Ruminansia berasal dari kata “ruminae” yang dalam bahasa latin berarti mengunyah kembali.Ruminansia adalah istilah lain dari hewan pemamah biak atau yang memiliki dua fase pencernaan. 

Fase pertama dalam pencernaan ruminansia adalah tahap mengunyah dan menelan untuk diproses di dalam lambung.Fase kedua dilanjutkan dengan mengeluarkan makanan yang sudah setengah diolah untuk dikunyah dan ditelan kembali. 

Ruminansia sangat menguntungkan dalam dunia peternakan. Selain dapat menghasilkan daging, bulu dan susu, kotorannya dapat dijadikan pupuk dan gas. 

Ciri Hewan Ruminansia

Hewan ruminansia dapat dikenali dengan mudah karena memiliki ciri khusus yang mencolok dibandingkan hewan lain. Berikut ciri hewan ruminansia: 

  • hewan mamalia berkaki empat yang tergolong herbivora (pemakan tumbuhan), biasanya mencerna rerumputan atau dedaunan.
  • Memiliki 4 bagian lambung yang terdiri dari retikulum, rumen, omasum dan abomasum.
  • Memiliki gigi geraham yang lebih besar dibandingkan dengan jenis hewan lain guna mencerna rumput kasar.
  • Terdapat gas metana di dalam perut guna menghasilkan biomassa.

Jenis Hewan Ternak  Ruminansia

Hewan ternak ruminansia sangat mudah ditemukan di Indonesia, hal ini dikarenakan habitatnya yang sangat cocok dengan kondisi daerah tropis. 

Untuk mengenal lebih jauh, berikut kami rangkum jenis-jenis hewan ruminansia: 

Kambing

Kambing adalah salah satu hewan ternak ruminansia yang sangat umum ditemukan di Indonesia.

Hewan ini memiliki potensi menjanjikan untuk ternak karena mudah beradaptasi terhadap lingkungan, kemudahan sumber pangan, hingga keberagaman  produk ternak.

Biasanya produk yang dihasilkan kambing berupa susu, daging, kulit, hingga kotoran untuk pupuk organik. 

Kerbau

Kerbau adalah hewan ruminansia dengan manfaat yang lebih kompleks, terutama dalam sektor pertanian dan peternakan. Masyarakat banyak memanfaatkan hasil produksi kerbau mulai dari susu, daging, kulit hingga tenaga. 

Kerbau dikenal sebagai hewan pembajak sawah sejak dahulu. Kendati kini pembajakan sawah telah banyak menggunakan mesin traktor, namun kerbau masih dibutuhkan di daerah yang sulit terjangkau oleh traktor. 

Domba

Domba adalah salah satu jenis hewan ternak ruminansia yang hampir serupa dengan kambing. Hanya saja ia memiliki hasil produksi unggul berupa bulu wol.

Domba memiliki nilai jual pada produk susu, daging, kulit, bulu, bibit, serta mampu menjaga vegetasi tanah dengan konsumsi rumput. 

Domba termasuk memiliki siklus reproduksi yang cepat, sehingga peternak dapat mengembangkan ternak domba dengan waktu singkat.

Sapi

Hewan ternak ruminansia satu ini memiliki kesamaan dengan kerbau. Sapi kerap dimanfaatkan sebagai transportasi dan alat pembajak pada zaman dahulu. 

Sapi memiliki hasil produksi yang hampir seluruhnya bernilai tinggi, mulai dari daging, susu, kulit, tulang, hingga kotoran yang dapat dimanfaatkan sebagai biomassa.

Tips Budidaya Hewan Ruminansia

Setelah mengetahui hewan ruminansia, perlu mengetahui pula tips budidaya terutama bagi calon peternak. 

Berikut ini rangkuman tips budidaya hewan ruminansia yang penting untuk Anda ketahui: 

Bibit

Dalam memulai ternak hewan ruminansia, penting untuk memilih bibit yang unggul agar keberhasilan ternak dapat tercapai dengan maksimal. 

Beberapa kriteria bibit ruminansia ideal di antaranya adalah memiliki tubuh sehat dan bugar, otot kuat, lincah, tidak cacat, berusia kurang dari 2 tahun, serta memiliki nafsu makan yang baik. 

Kandang

Perkandangan dalam aktivitas ternak ruminansia tentu menjadi faktor yang tak kalah penting untuk mendapatkan produktivitas optimal. 

Lingkungan dan tempat tinggal yang baik tentu akan membuat kesehatan tubuh dan mental ternak ruminansia lebih terjaga. 

Kandang ideal ruminansia sebenarnya tergantung pada kebutuhan jenis hewan, terutama terkait ukuran dan lokasi strategis kandang.

Namun ada beberapa kriteria ideal kandang secara umum antara lain jauh dari pemukiman warga dan mata air, serta memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup. 

Pakan

Pakan adalah elemen penting agar pertumbuhan ternak ruminansia optimal. Aga berhasil, peternak wajib mengetahui kebutuhan nutrisi harian pada jenis ruminansia. 

Pakan ruminansia terbagi menjadi hijauan, konsentrat dan tambahan. Masing-masing jenis pakan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. 

Peternak dapat memperoleh pakan ternak ruminansia dengan membeli di beberapa toko peternakan maupun membuatnya sendiri. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan ternak, Anda juga bisa mempercayakan pembuatan pakan berkualitas dengan mesin cetak pelet ruminansia Zvezda Industries. 

Lihat ketersediaan berbagai produk mesin dan artikel menarik lainnya di sini!