Ternak bebek petelur dewasa ini banyak dilakukan pelaku budidaya lantaran keuntungan yang didapatkan dari penjualan telur bebek lebih banyak dari telur unggas lain. 

Semakin bagus kualitas telur bebek, keuntungan penjualan tentu makin besar. Untuk itu sangat penting memperhatikan jenis dan komposisi nutrisi pada campuran pakan bebek. 

Pakan bebek mudah ditemukan dengan membeli di toko peternakan atau memberi campuran pakan bebek alami dan alternatif.

Campuran pakan bebek petelur dengan bahan-bahan alami menjadi salah satu upaya penghematan yang dapat peternak lakukan sekaligus untuk mengenal kebutuhan nutrisi. 

Jenis Campuran Pakan Bebek Petelur

Umumnya, dalam kondisi bugar dan prima bebek petelur bisa menghasilkan telur 1-2 hari sekali. Maka dari itu pemilihan campuran pakan bebek petelur tidak boleh sembarangan. 

Jika asupan nutrisi harian yang diterima baik maka bebek mampu menghasilkan telur berkualitas. Sebaliknya, jika asupan nutrisi kurang maka kualitas telur bebek bisa memburuk. 

Berikut rekomendasi jenis campuran pakan bebek petelur dengan kandungan nutrisi yang dinilai efektif mengoptimalkan produktivitas telur bebek. 

Bekatul

Bekatul merupakan produk sisa pengolahan padi yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan bebek alami secara ekonomis. 

Walaupun termasuk limbah pabrik, bahan ini masih memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan hewan ternak, yaitu protein, kalsium, fosfor dan serat kasar. 

Lapisan endosperma beras ini kaya akan mineral dan vitamin, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bebek petelur.

Kebutuhan mineral dan vitamin yang cukup pada bebek petelur dapat menjaga stamina dan imunitas, terutama pada induk dapat mengurangi tingkat stres sehingga meningkatkan produktivitas telur. 

Dedak

Hampir sama dengan bekatul, dedak merupakan salah satu produk sampingan dari pengolahan gabah ke padi. Hanya saja dedak memiliki kandungan serat kasar yang lebih tinggi dari bekatul.

Dedak memiliki manfaat yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bebek petelur karena mengandung beta-glucan, dan zat pati yang dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif. 

Pemenuhan b-glucan pada bebek petelur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu asupan serat ini dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan bekerja melindungi sel. 

Sorgum

Sorgum atau garai banyak dibudidayakan di Indonesia dan dikenal sebagai tanaman serbaguna. Bahan ini dapat dijadikan campuran pakan bebek yang lebih kaya akan zat pati dibandingkan jagung. 

Kandungan protein pada sorgum juga cukup tinggi, yaitu lebih dari 10 persen yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada hewan ternak, termasuk bebek petelur. 

Bebek petelur dengan asupan protein dan karbohidrat yang baik setiap harinya tentu memiliki energi melimpah, sehingga stamina bebek petelur lebih terjaga. 

Namun untuk memberi sorgum pada campuran pakan bebek petelur, peternak perlu mengetahui cara pengolahannya agar kandungan dalam sorgum tidak terganggu. 

Bungkil

Bungkil biasa dikenal dengan istilah ampas atau sisa. Beberapa jenis bungkil yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak antara lain bungkil kelapa, bungkil kacang tanah dan bungkil kedelai. 

Bungkil menjadi salah satu pakan bebek murah lantaran merupakan sisa produksi pabrik pangan, seperti tahu dan minyak sawit. 

Bungkil memiliki kandungan protein dan asam amino yang sangat bermanfaat bagi produktivitas telur bebek, terutama dalam proses perkembangan telur. 

Kendati memiliki harga murah, penggunaan bungkil untuk pakan ternak perlu perhatian khusus. Karena jika bungkil membusuk dan berjamur justru akan menghasilkan racun. 

Tepung 

Jenis tepung yang dapat digunakan untuk campuran pakan ternak antara lain tepung ikan, tepung darah, tepung siput dan keong.

Salah satu konsentrat pakan ini bermanfaat untuk menambah nilai gizi yang terkandung dalam pakan bebek petelur yang diberikan. 

Sama halnya dengan bungkil, tepung memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menjaga kesehatan dan imunitas ternak yang berpengaruh dalam produktivitas telur bebek. 

Selain itu, pemberian konsentrat yang cukup pada campuran pakan bebek petelur dapat mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan berat badan sesuai target para peternak. 

Namun penggunaan konsentrat harus diperhatikan supaya tidak berlebih, karena justru bisa berakibat menurunkan produktivitas bebek petelur dengan memperlambat pencernaan.

Komposisi Campuran Pakan Bebek Petelur

Dalam memilih campuran pakan bebek, peternak perlu memperhatikan perbandingan komposisi dalam setiap bahan agar kebutuhan nutrisi bebek petelur dapat terpenuhi dengan optimal. 

Peternak perlu mengetahui data komposisi zat pakan mulai dari energi, protein kasar, serat kasar, kalsium dan fosfor yang dibutuhkan berdasarkan usia bebek petelur. 

Pembuatan campuran pakan bebek petelur dapat dilakukan secara mudah. Selain dengan adanya bahan yang murah, tentu dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pelet terkini. 

Mesin pelet unggas yang dapat bekerja secara efisien dengan kondisi dan kualitas terbaik perlu dipertimbangkan peternak dalam memproduksi pakan berskala besar.

Zvezda Industries menawarkan mesin pakan ternak terlengkap di Indonesia berkapasitas hingga 1 Ton/Jam. Kami siap membantu produksi pakan dengan pendampingan dan konsultasi formula secara gratis.