Ikan lele merupakan hewan komoditas yang banyak digemari para pelaku budidaya. Ikan ini tergolong mudah berkembang biak, sehingga sangat cocok dijadikan ladang bisnis menggiurkan.

Tingginya minat konsumsi lele yang lezat dan bergizi tinggi oleh masyarakat Indonesia membuat budidaya ikan ini makin menjanjikan. 

Dalam budidaya ikan lele, perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi hewan karnivora (pemakan daging) ini yaitu protein, karbohidrat, lemak hingga vitamin. 

5 Merek Pelet Ikan Lele Terbaik

Berbagai merek pelet ikan lele dengan kandungan nutrisi lengkap sudah banyak dijual di pasaran, sehingga pelaku budidaya tak perlu repot menjelajah untuk berburu pakan lele. 

Kendati demikian, pemilihan merek pelet juga perlu diperhatikan agar ikan lele dapat berkembang biak dengan optimal. Berikut rekomendasi merek pelet ikan lele berkualitas dan murah: 

Cargill

Cargill merupakan sebuah industri peternakan dan pangan yang menyediakan kebutuhan pakan nutrisi hewan ternak, termasuk pelet lele. 

Merek ini terkenal di kalangan pelaku budidaya. Cargill menyediakan pelet lele series Optimax yang mengandung formulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. 

Pelet ini diklaim mampu membuat pertumbuhan lele lebih optimal dan meningkatkan bobot ikan lele dengan bahan mumpuni, dapat digunakan mulai dari penebaran hingga masa panen.

Pelet Cargill Optimax tersedia dalam ukuran 20—30 kilogram, dengan harga eceran mulai Rp70.000 per 3 kilogram. 

Sinta Prima Feedmill (SPF)

Sinta Prima Feedmill sudah sangat terkenal di kalangan pelaku budidaya ikan, merek ini menyediakan berbagai jenis pakan ikan yang terdiri dari Pilar, Laju, Jatra, dan Sinta.

Masing-masing jenis ini mengandung protein berbeda, yaitu Pilar 18 persen, Laju 22 persen, Jatra 26 persen, hingga Sinta 30 persen. 

Penggunaan merek pelet ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan protein di tiap usia ikan lele. Bahkan pelet ini tak hanya khusus untuk lele saja, namun dapat diberikan pada ikan ternak lain. 

Pelet ikan SPF ini tersedia dalam ukuran 30—50 kilogram dengan harga eceran mulai Rp11.000 per kilo.

Suri Tuna Premuka (STP)

STP merupakan merek khusus penyedia kebutuhan pakan ikan ternak, termasuk pelet ikan lele. Merek ini menyediakan pelet lele dengan kandungan protein mulai dari 30 persen. 

Ikan lele mulai usia 2 bulan hingga masa panen sangat cocok diberikan pelet ini, dengan kebutuhan nutrisi yang didapatkan berupa protein, lemak, vitamin, hingga zat antioksidan dan antijamur.

Pelet dengan sebutan lain SLA12 di pasaran ini tersedia dalam ukuran 30 kilogram, sementara harga eceran per kilo mulai Rp18.700.

Central Proteina (CP) Prima

CP Prima merupakan salah satu merek pelet ikan lele yang terkenal juga di kalangan pelaku budidaya. Merek ini beredar dengan nama Hi-Pro-Vite-781 dengan berbagai varian ukuran. 

Berbagai ukuran pelet CP Prima antara lain varian 781-1 berdiameter 2 milimeter, 781-2 berdiameter 3 milimeter, 781-3 berdiameter 4 milimeter. 

Kandungan protein pelet ini cukup tinggi, yaitu lebih dari 30 persen. Pelet ini diklaim mampu meningkatkan nafsu makan dan imunitas tubuh ikan lele.

Hi-Pro-Vite-781 tersedia dalam ukuran mulai 10 kilogram dengan harga eceran Rp15.000 per kilonya.

Eko Feed

Eko Feed merupakan merek pelet ikan yang menyediakan variasi ukuran sama dengan sebelumnya, yaitu 2 milimeter, 3 milimeter, hingga 4 milimeter. 

Pelet Eko Feed mengandung protein tinggi yang dapat mengemulsi ikan lele dari jangkitan penyakit. Pelet ini dapat pula diberikan pada ikan ternak lain seperti gurami, nila dan patin.

Hampir sama seperti kebanyakan merek lain, Eko Feed dijual dengan ukuran 30 kilogram. Sementara harga ecerannya mulai Rp10.000 per kilo. 

Mau Buat Pelet Sendiri?

Pembelian pakan pabrik memang sedikit menekan biaya konsumsi dalam budidaya lele. Namun pemberian pakan dengan biaya minimal dapat tercapai dengan pembuatan pelet sendiri loh. 

Pembuatan pelet ikan lele secara mandiri dapat memanfaatkan limbah unggas, magot, ampas tahu, ataupun bahan alternatif lain yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk lele. 

Tentu saja pengolahan bahan alami menjadi pelet ikan lele membutuhkan teknik khusus yang perlu dipahami para pelaku budidaya. Apakah memerlukan banyak alat khusus? 

Saat ini Zvezda menghadirkan teknologi mesin pelet ikan apung yang dapat membantu pembuatan pakan ikan lele menjadi mudah dan efisien. 

Kami menawarkan berbagai mesin produksi pakan berkapasitas hingga 1 ton/jam yang bekerja dengan kualitas dan kondisi terbaik. Cek produk Zvezda Industries sekarang untuk mendapatkan layanan konsultasi formula secara gratis!